Tips dan Cara Berbisnis Sambil Bekerja Tips dan Cara Berbisnis Sambil Bekerja Menjadi seorang karyawan misalnya bekerja di kantoran...

Tips dan Cara Berbisnis Sambil Bekerja

Jumat, Mei 20, 2016 Admin 1 Comments

Tips dan Cara Berbisnis Sambil Bekerja

Tips dan Cara Berbisnis Sambil Bekerja
Tips dan Cara Berbisnis Sambil Bekerja

Menjadi seorang karyawan misalnya bekerja di kantoran merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi sebagian orang karena hal ini kita dapat menjadi penghasilan rutin setiap bulan. Jam atau jadwal kerja yang teratur, jenjang karir, fasilitas jaminan kesehatan dari perusahaan  dan beberapa kelebihan lainnya. Namun di sisi lain menjadi seorang karyawan juga ada beberapa kekurangannya, diantaranya yaitu adanya resiko dicut apabila tidak dapat bekerja secara maksimal, peluang karir yang terbatas, ketidakseimbangan antara kompensasi dengan kontribusi, diatur oleh waktu, dan kebosanan dalam menjalankan rutinitas setiap hari yang terkesan monoton serta masih banyak kekurangan lainnya dari menjadi seorang karyawan. Maka dari itu tidak sedikit yang mencoba untuk mencoba berbisnis sambil bekerja. 

Nah, bagi kita yang menjadi seorang karyawan namun berkeinginan untuk berbisnis sambil bekerja, berikut penulis share tips dan cara berbisnis sambil bekrja.

1. Pilihlah Bisnis Yang Tepat

Bagi kita karyawan fulltime, bebisnis sambil bekerja  memang akan terasa lebih sulit untuk memulai sebuah usaha dimana kita harus pintar-pintar dalam membagi waktu. Intensitas pekerjaan di kantor yang padat menjadi salah satu alasannya. Bahkan apabila kita paksakan malah justru dapat menjadi bumerang bagi karir kita. Rencana memulai usaha sambil bekerja, justru malah bisa kehilangan kedua-duanya. Maka dari itu, pilihan kerja part time atau paruh waktu adalah pertimbangan yang tepat bagi seorang karyawan.

2. Hindarilah Pemakaian Modal Besar

Berbisnis sambil bekerja, kita dituntut untuk mengelola modal dengan baik dan benar. Salah dalam pemakaian modal, sementara lika-liku bisnis begitu kompleks, yang kita dapatkan justru kerugian, hal ini akan sangat disayangkan. Ditambah lagi waktu dalam pengelolaan bisnis juga terbatas. Maka dari itu, sebaiknya kita memulai bisnis dengan modal yang tidak terlalu besar adalah keputusan yang tepat.

3. Ketahui Kemampuan Diri

Mengambil keputusan untuk berbisnis sambil bekerja tidak sesulit saat mempraktekkannya. Maka dari itu bijaklah sebelum benar-benar terjun lansung dalam dunia bisnis. Ketahui kemampuan diri kita. Sejauh mana kita mampu membangun bisnis dalam segala pernak-perniknya sambil tetap menjalankan aktivitas sebagai karyawan. Tentunya kita harus mengetahui bagaimana kemampuan keuangankita. Setidaknya ada pemasukan rutin tiap bulan yang dapat digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Tidak lupa pula kekuatan modal dan bagaimana cara mendapatkannya. Apakah dari akumulasi gaji atau dengan pinjaman ke pihak lain.

4. Memahami Kontrak Kerja

Ada baiknya kita membaca ulang MOU kerja di perusahaantempat kita bekerja. Seberapa ketat kegiatan kantor dan kapan waktu liburnya. Hal ini bertujuan untuk memastikan kapan sela-sela waktu yang dapat kita gunakan untuk kegiatan lain, termasuk dalam membangun bisnis sendiri. Selain itu,  sebaiknya kita tidak membuat bisnis yang sejenis dengan pekerjaan utama, karena bisa dianggap kompetitor. Atau bias jadi pada kesempatan lain, bisnis kita malah diklaim oleh perusahaan tempat kita bekerja.

5. Jaga Reputasi

Walau bagaimanapun kita harus sadar bahwa kita masih memiliki tugas dan tanggung jawab terhadap perusahaan tempat kita bekerja. Walaupun kita memiliki bisnis sendiri,di sisi lain kita adalah seorang karyawan yang juga harus menghormati dan menjalankan tugas kita di kantor. Jangan sampai karena bisnis pribadi kita, pekerjaan utama malah terabaikan sehingga memberikan kesan negative terhadap orang-orang dalam lingkungan perushaan. Jadi kita harus tetap bijak dan tetap menjaga reputasi kita sebagai seorang karyawan namun kita juga harus tetap memperhatikan bisnis yang kita jalankan.
Tips dan Cara Berbisnis Sambil Bekerja
Tips dan Cara Berbisnis Sambil Bekerja
6. Disiplin
Berbisnis sambil bekerja, kita harus tetap fokus dan disiplin, artinya kita harus sabar dan konsisten dalam menjalankan keduanya. Kebanyakan karyawan yang memiliki bisnis sendiri gagal disebabkan karena tidak dapat membagi waktu dengan baik. Pada saat sibuk dengan pekerjaan kantor, kia malah namabh kesibukan dengan bisnis sendiri, Akhirnya keduanya tidak bisa selesai. Oleh karena itu, kedisiplinan dan kesabaran wajib dinomor satukan bagi kita yang berbisnis sambil tetap bekerja.

7. Buat Schedule Berkala

Kita dapat membuat sebuah jadwal berkala setiap hari, setiap minggu dan seterusnya. Sinkronkan antara waktu pekerjaan di kantor dengan waktu untuk bisnis kita. Hindarilah terjadinya benturan diantara keduanya agar kita dapat tetap fokus dalam menjalankan keduanya. Kita dapat membuatnya setelah pulang ngakantor, waktu malam hari, setelah subuh atau sebelum berangkat ke kantor atau juga di waktu lainnya. Misalnya, kita dapat menggunakan waktu libur atau weekend buat bisnis kita. Kita dapat mengontrol sekaligus mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan selama satu minggu ke depan.

8. Orang Kepercayaan Untuk Bisnis Kita

Biar berjalan lebih maksimal, stabilitas antara pekerjaan kantor dan bisnis kita, kita dapat menunjuk seseorang yang dapat kita percaya untuk mengelola bisnis kita. Misalnya Kita menunjuk saudara atau teman untuk membantu mengelola bisnis yang kita jalankan, atau juga kita dapat merekrut orang untuk mengisi posisi dalam bisnis kita. Namun kita juga harus memperhatikan budget untuk membayar orang yang akan kita rekrut, jangan sampai malah merugikan atau terjadi ketidak seimbangan.

9. Legalitas Bisnis

Legalitas bisnis sebisa mungkin tetap kita pehatikan. Seperti halnya pada bisnis umumnya, sebaiknya kita memakai legal bisnis misalnya SIUP demi kelancaran bisnis dan perlindungan usaha secara hokum, atau setidaknya kita memiliki surat keterangan usaha yang kita jalankan.

10. Media Pembelajaran

Ketika menjadi karyawan kita dapat mempelajari bagaimana management bisnis di tempat kita bekerja. Bagaimana cara menjadi seorang bos yang baik dan bijak, bagaimana cara management karyawan, dan lain sebagainya. Manfaatkan waktu sebaik-baiknya ketika kita dipertemukan dengan orang-orang sukses atau kolega perusahaan ternama untuk sekedar sharing pengalaman.
Berbisnis sambil bekerja mungkin memang terkesan gampang untuk dijalankan, namun kita tidak akan pernah tahu sebelum mencobanya. Kesuksesan kita adalah hasil dari akumulasi kemauan, konsistensi, semangat, fokus dan kesabaran. Jadi jangan pernah takut untuk mencoba. Tidak sedikit dari mereka yang malah bisnis sampingannya menjadi sumber penghasilan utama dengan usaha dan ketekunannya.

Demikian artikel tips Tips dan Cara Berbisnis Sambil Bekerja”. Semoga bermanfaat.

1 komentar: